Breaking News
recent

Cara main Game di Linux -Ubuntu/Backtrack

     Kali ini yang akan saya bahas yaitu bagaimana caranya bermain game Windows di Linux. Salah satu game favorit saya adalah DotA, jadi yang akan saya contohkan yaitu memainkan Game DotA di Linux. Dalam hal ini saya menggunakan Linux Backtrack. Karena Backtrack itu turunan nya Ubuntu, jadi cara ini juga bisa digunakan di Ubuntu dan antek2 nya


    Oke, langsung aja kita mulai. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menginstall Wine dengan versi terbaru. Saat postingan ini dibuat versi Wine yang terbaru adalah Wine 1.3. Buka Terminal dan masukkan perintah berikut :
add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
apt-get update
apt-get install wine1.3
Oya, untuk menginstall Wine, PC anda harus terhubung ke Internet. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
Setelah proses instalasi selesai, Mount drive tempat menyimpan file game nya. Cari ada di direktori mana. Buka Terminal dan masuk ke direktori tempat anda menyimpan file game nya. Contoh :
root@bt:~# cd /media/Master/Games/Dota/
root@bt:/media/Master/Games/Dota#
‘Master’ disini adalah nama drive tempat menyimpan file game nya. Silakan sesuaikan dengan nama drive & direktori yang anda gunakan.
Nah, sekarang kita coba jalankan game nya dengan perintah :

wine war31.exe -opengl
war31.exe adalah nama file executable game yang akan dieksekusi. Nama file nya bisa berbeda-beda, sesuaikan saja nama file nya. Dan yang paling penting adalah perintah -opengl. Tanpa perintah ini, game tetap bisa dijalankan tapi tidak menggunakan fitur opengl jadi kualitas gampar nya jelek dan cenderung lambat (Ngelag).
Anda juga bisa tambahkan perintah -window untuk menjalankan game dalam mode window (tidak fullscreen).
\

wine war31.exe -opengl -window
Bermain DotA di Linux (Ubuntu / Backtrack)
Nah, sekarang kita sudah bisa memainkan game windows dengan kualitas yang bagus (no lag).
Mungkin akan ada pesan error dalam pengeksekusian file exe nya, tapi abaikan saja. Game akan tetap berjalan. Sudah ada yang mencoba main DotA di Backtrack dan bisa konek dan main di Battlenet IDGS loh. Keren kan.. B)
Oya, kalo mau main harus sering masukin perintah di Terminal kan ribet juga yah. So, ada cara buat bikin shortcut biar kalo mau main lebih cepet tinggal klik aja. Gimana caranya? Gampang banget bro. Kita bisa membuat file .sh aja dengan isi perintah seperti ini contohnya :


#!/bin/bash
PS1="e]2;Main Dota di BackTrackau@h:$ "
setterm -term linux -back white -fore black -clear
clear
echo "Main Dota di Backtrack Bro!!"
echo "Loading Bentar...."
echo "Now Executing DOTA..."
echo "by www.RizkyBlog.com"
sudo wine /media/Master/Games/Dota/FT.exe -opengl
echo "please wait..."
echo "sabar yahh..."
function countdown
{
local OLD_IFS="${IFS}"
IFS=":"
local ARR=( $1 )
local SECONDS=$(( (ARR[0] * 60 * 60) + (ARR[1] * 60) + ARR[2] ))
local START=$(date +%s)
local END=$((START + SECONDS))
local CUR=$START
while [[ $CUR -lt $END ]]
do
CUR=$(date +%s)
LEFT=$((END-CUR))
printf "r%02d:%02d:%02d"
$((LEFT/3600)) $(( (LEFT/60)%60)) $((LEFT%60))
sleep 1
done
IFS="${OLD_IFS}"
echo " "
}
$@
/bin/bash

     Copy contoh code diatas, dan paste di gedit atau text editor lainnya. Anda bisa mengubah code yang ada sesuai selera.
Code yang harus anda ganti adalah
sudo wine /media/Master/Games/Dota/FT.exe -opengl
Ganti code tersebut sesuai dengan kondisi dan lokasi file game yang akan anda mainkan.
Selanjutnya save file tersebut dengan extensi .sh. Misalnya DotA.sh dan simpan di Desktop. File ini belum bisa dieksekusi. Untuk bisa dieksekusi di Terminal, rubah dulu permission file nya dengan cara klik kanan di file DotA.sh tadi –> Properties –> Masuk tab Permission –> Centang di Allow executing file as program –> Close.
Sekarang coba dobel klik file DotA.sh tadi, maka akan muncul notifikasi pilihan. Pilih saja yang “Run in Terminal”. Beres deh, sekarang anda bisa bermain DotA dengan mudah dan cepat tinggal klik saja.
B Shokler

B Shokler

Diberdayakan oleh Blogger.